Mudahnya sorting data menggunakan Google Spreadsheet

Table of Contents

Mengurutkan data pada sebuah spreadsheet sangat bermanfaat untuk mengolah dan menganalisis data. Berikut adalah tips cara sorting atau mengurutkan data pada Google Spreadsheet dengan mudah.

Sorting atau biasa yang disebut dengan pengurutan sesuai keinginan kita, kini dapat dilakukan di Google Spreadsheet dengan mudah. Google terus memperbarui sistemnya untuk Google Spreadsheet sehingga dapat digunakan dengan powerfull oleh penggunanya. Lalu bagaimana cara untuk menggunakan di sorting di Google Spreadsheet.

  1. Buka file Google Spreadsheet yang anda punya, kali ini saya membuka file spreadsheet saya yg berjudul Example Data. atau jika mau sama seperti saya bisa copy datanya disini https://docs.google.com/spreadsheets/d/1R-Y40p-v0leL1xIahTwF-1W3_H-25Nb5RRf860k8Q-g/edit?usp=sharing
enpcX7DlRzMtoEQXskfCBANTAsZ8OkYjrZh9Qz689d46sQIwl ilYWdauXC1RlwDo8SQY2i6Fggu6UtN8PzDcLOLve1g1oo86l
  1. Pada data Example Data fokus dan arahkan cursor pada Field Nomor Pegawai
hWAfewtrh50Dx Jc077GRG
  1. Lalu arahkan kursor pada Kolom B akan ada panah segitiga kebawah.
gVIgEVqVLF11BsYudlH NnRyZ9Z1YxITJ3IhqkkWYw6DxO0ZgPwBokMLZBJwhvtokuqgBDO7BA8UV0z89QYV CvFZshlBsNoibMkKh1YKq2iihhE Q6 1kQ SgnRovyDRvmJ 9Fr
  1. Kemudian klik Urutkan Sheet A – Z, lalu lihat apa yang akan terjadi
AMVKykt9sjn D6VBJbBP04VODd2 wWDTXv7Hm Mg00P9HxRxrbHKhXH0XJlFhpuhRAyHBF5Kp8Of mS 9gKboLRaMhg9Q8ejCui2DE 826ZLIvye PBoJRGVnVjSJXatlcQ1mAcv
  1. Maka akan jadi seperti ini
zJXXek0NWNQ8h0oAkmbi5mCXwicwgynsbNVxCpHRqalosbx54LNfARnwMuqgekqfQ887LiYUNvXGcs4kU813bLgJyMxRUXWFurBWISTfYwBxapfkDlNLl2vgjjNhK90xQOHgSP h
  1. Selesai

Note : Agar lebih jelas bisa langsung cek videonya di Youtube Eudeka

Bagikan Artikel Ini

Hubungi Kami


Bagikan Artikel Ini

Lanjutkan Membaca

Temukan & cerna bacaan yang memperluas wawasan tentang Transformasi Digital Pendidikan

Google Workspace for Education GRATIS!