Mengurutkan data pada sebuah spreadsheet sangat bermanfaat untuk mengolah dan menganalisis data. Berikut adalah tips cara sorting atau mengurutkan data pada Google Spreadsheet dengan mudah.
Sorting atau biasa yang disebut dengan pengurutan sesuai keinginan kita, kini dapat dilakukan di Google Spreadsheet dengan mudah. Google terus memperbarui sistemnya untuk Google Spreadsheet sehingga dapat digunakan dengan powerfull oleh penggunanya. Lalu bagaimana cara untuk menggunakan di sorting di Google Spreadsheet.
- Buka file Google Spreadsheet yang anda punya, kali ini saya membuka file spreadsheet saya yg berjudul Example Data. atau jika mau sama seperti saya bisa copy datanya disini https://docs.google.com/spreadsheets/d/1R-Y40p-v0leL1xIahTwF-1W3_H-25Nb5RRf860k8Q-g/edit?usp=sharing
- Pada data Example Data fokus dan arahkan cursor pada Field Nomor Pegawai
- Lalu arahkan kursor pada Kolom B akan ada panah segitiga kebawah.
- Kemudian klik Urutkan Sheet A – Z, lalu lihat apa yang akan terjadi
- Maka akan jadi seperti ini
- Selesai
Note : Agar lebih jelas bisa langsung cek videonya di Youtube Eudeka